Ukuran Prasasti Peresmian

Oleh: Kang Hermanto

Berapakah ukuran standar prasasti yang digunakan dalam rangka sebagai tanda peresmian? Mengutip dari sejumlah buku sumber, salah satunya Buku Pedoman Keprotokolan yang diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dijelaskan bahwa bentuk prasasti dapat landscape (seperti contoh di atas) atau portrait, dengan perbandingan 2 : 3. Direkomendasikan berukuran 60 x 90 cm, dan sebaiknya tidak kurang darinya.

Kata-kata peresmian cukup sebagaimana pada contoh, dalam hal ini diperkenankan ada tambahan tulisan Arab berlafal basmalah sebagai identitas gedung. Pejabat yang menandatangani cukup 1 orang, yaitu pejabat yang meresmikan (panitia tidak perlu turut serta menandatangani). Khusus proyek yang diresmikan oleh Pejabat Pusat/ Provinsi (Presiden/ Menteri/ Gubernur), maka dilakukan penyesuaian seperlunya.

Demikianlah standar prasasti peresmian yang digunakan dalam acara-acara resmi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unsur-unsurnya terdiri dari:- Logo – Kata-kata “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa”, atau “Dengan Rahmat Allah SWT”- Nama proyek- Kata-kata “Diresmikan oleh”- Jabatan yang meresmikan- Nama yang meresmikan- Tempat dan tanggal
Sampai di sini, sudah jelas ya?! [*]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *