Inovasi E-Agenda Kabupaten Probolinggo

Sebagai wujud konkret pelaksanaan fungsi manajemen agenda Kepala Daerah dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Sub Bagian Protokol menggagas sebuah aplikasi berbasis android bernama E-Agenda. Aplikasi ini memuat informasi seputar kegiatan yang terdiri dari: nama, kategori, waktu, tempat, pakaian, peran pimpinan, urutan acara, tata ruangan, pihak terkait dan catatan.

Aplikasi yang diadopsi dari proyek perubahan Kasubbag Protokol Hermanto saat Diklat Kepemimpinan Tingkat IV pada 2017 lalu ini dapat diakses oleh seluruh stakeholder agenda. Antara lain para pimpinan itu sendiri (Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten Sekretaris Daerah), para Kepala Perangkat Daerah dan segenap aparatur yang terlibat dalam kegiatan harian pimpinan seperti protokol, ajudan, Satpol PP, Dishub, Diskominfo, humas.

Aplikasi E-Agenda yang aktif saat ini merupakan versi 2.0.1 telah dapat diunduh di playstore dan siap digunakan oleh para stakeholder. Dalam waktu dekat, akan digelar acara launching dalam format sederhana sebagai wahana publikasi agar penggunaannya masif.

Dengan adanya E-Agenda, diharapkan pengelolaan jadwal agenda di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dapat dipantau secara realtime dan akuntabel. Tidak ada lagi pertanyaan, “Agenda Bupati besok apa?”. Seluruh agenda dan detail informasi terkait telah tersaji di aplikasi. Bagi para petugas yang harus menyiapkan hal-hal terkait agenda, tentu mendapatkan informasi jauh-jauh hari. Tidak lagi mendadak pada H-1. [man]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *